Jenis Bedak yang bagus buat kulit

Posted: January 19, 2011 in Perawatan Wajah
Tags: ,

Kini, Anda bisa menemukan beraneka bentuk bedak dengan variasi merek, harga, dan kualitas, yang berbeda. Oleh karena itu, memilih bedak yang bagus untuk kulit wajah sangatlah penting. Jangan sampai Anda memakai bedak yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti merkuri. Perlu diketahui juga, masa pakai bedak bisa bertahan antara 1 hingga 2 tahun, bergantung jenis bedaknya. Jika lebih dari masa itu, sebaiknya bedak jangan digunakan lagi.

Bedak merupakan salah satu kosmetik yang paling sering digunakan kaum hawa. Bagaimana tidak, bedak memiliki banyak manfaat untuk memberikan kesempurnaan dalam mempercantik penampilan wajah. Kosmetik yang satu ini berguna untuk menutupi kekurangan pada wajah, seperti flek, pori-pori besar yang tampak pada kulit, mencegah agar kulit wajah tidak berminyak, dan lain-lain. Bedak juga dapat memberikan hasil akhir berupa kulit yang lembut dan tidak kasar.

Jenis-Jenis Bedak

Berikut ini adalah beberapa jenis bedak yang bagus untuk kulit wajah Anda.

1. Bedak Tabur (Loose Powder)

Bedak tabur berbentuk bubuk. Bedak ini dapat memberikan hasil terbaik untuk menampilkan make up segar alami. Sebab, bedak tabur memiliki partikel halus yang akan menyatu rata dengan kulit. Jenis bedak ini cocok digunakan setelah wajah diberi pelembap dan alas bedak. Jenis bedak ini sangat baik digunakan untuk kulit berminyak.

2. Bedak Padat (Compact Powder)

Disebut bedak padat karena ditambahkan wax atau lilin agar bentuknya bisa menyatu dan menjadi padat. Bedak ini cepat menyerap dan bisa mengurangi minyak yang menempel di wajah. Untuk hasil maksimal, bedak padat sebaiknya digunakan setelah penggunaan loose powder. Bedak padat bisa digunakan selama 15 bulan.

3. Bedak Two Way Cake

Bedak two way cake memiliki bentuk yang serupa dengan bedak padat. Namun, bedak two way cake memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai bedak sekaligus foundation. Bedak ini memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu menyerap minyak di wajah, menutup pori-pori yang besar, kadungan SPF-nya dapat melindungi kulit wajah dari sengatan matahari. Bedak jenis ini bisa dipakai hingga 1 tahun.

4. Bedak Meteorit (Meteorite Powder)

Bedak meteorit merupakan inovasi baru dari bentuk bedak. Bedak jenis ini memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna-warni. Biasanya, digunakan sebagai sentuhan akhir, sehabis memakai make up. Untuk mengaplikasikannya pada kulit, harus menggunakan kuas dengan bulu yang padat dan banyak, bukan dengan spons. Sapukan ke seluruh wajah. Bedak ini bisa membuat wajah tampak lebih bercahaya dan segar.

5. Shimmering Powder

Satu lagi varian bedak yang ada, yaitu shimmering powder dengan kandungan butiran atau partikel mutiara yang memberikan efek kilau serta mencerahkan wajah. Bedak jenis ini umumnya dipakai sebagai sentuhan akhir setelah merias wajah untuk acara-acara khusus yang menggunakan riasan glamor. Masa pakai bedak ini paling lama sekitar 1 tahun.

6. Bedak Dingin

Bedak dingin merupakan bedak tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami. Ada yang dibuat dari dari tepung beras dicampur bahan pengharum, seperti aneka bunga. Bahan pembuatan bedak dingin ini dapat pula ditambah dengan buah atau rempah-rempah lain untuk memperkaya khasiatnya. Misalnya, bedak yang dicampur sari bengkoang untuk memutihkan kulit. Karena bahannya yang alami, bedak dingin sangat baik diaplikasikan untuk kulit.

Tip Memilih Bedak yang Bagus

1. Sesuaikan dengan Warna Kulit Wajah

Bedak tersedia dalam aneka warna, seperti pink, beige, putih, natural, cokelat, kuning, dan sebagainya. Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda memilihlah warna bedak yang sesuai dengan jenis dan warna kulit. Warna bedak yang dipilih sebaiknya setingkat lebih terang dari warna kulit muka Anda.

2. Hindari Bedak Berbahan Dasar Merkuri

Untuk mengetahui apakah bedak yang Anda pilih bermerkuri atau tidak, Anda bisa mengetesnya dengan cara seperti berikut.

 

  • Taburkan bedak di telapak tangan, lalu gosok-gosokan dengan emas, bisa cincin atau gelang.
  • Tunggu beberapa saat, tidak sampai 1 menit.
  • Jika terjadi perubahan warna pada telapak tangan menjadi kelabu atau hitam, bedak tersebut mengandung merkuri. Semakin hitam perubahannya, semakin banyak merkuri yang terkandung dalam bedak tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s